Unggulan Xiaomi yang Ditenagai MediaTek Menawarkan Dukungan Perangkat Lunak yang Lebih Lama daripada yang Ditenagai Snapdragon


Xiaomi telah mematahkan persepsi lama bahwa smartphone Android yang ditenagai MediaTek menerima dukungan perangkat lunak yang lebih singkat dibandingkan dengan smartphone Android yang ditenagai Snapdragon. Pada bulan September 2023, pabrikan ponsel pintar Tiongkok ini memperkenalkan Xiaomi 13T dan Xiaomi 13T Pro, keduanya didukung prosesor MediaTek, yang menjanjikan pembaruan perangkat lunak yang lebih lama.

Menurut Xiaomi, seri Xiaomi 13T akan menerima pembaruan OS Android utama selama empat tahun dan pembaruan keamanan Android selama lima tahun. Ini berbeda dengan seri Xiaomi 13 sebelumnya, yang ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dan hanya menawarkan pembaruan Android utama selama tiga tahun dan pembaruan keamanan yang sama selama lima tahun.

Xiaomi 13T dan 13T Pro dibekali prosesor terbaru MediaTek, Dimensity 8200 Ultra dan Dimensity 9200+. Prosesor ini, diproduksi dengan proses 4nm canggih TSMC, dikenal karena efisiensi daya dan hasil yang tinggi—proses yang serupa dengan yang digunakan pada chip A16 Bionic Apple pada iPhone 15.

Dengan memperluas dukungan perangkat lunak untuk perangkat mereka yang didukung MediaTek, Xiaomi telah membantah anggapan bahwa perangkat Snapdragon menikmati dukungan perangkat lunak yang lebih lama. Langkah ini menunjukkan bahwa ponsel pintar yang ditenagai MediaTek dapat menawarkan dukungan perangkat lunak yang setara atau bahkan lebih lama dibandingkan ponsel Snapdragon.

Keputusan Xiaomi ini mempunyai implikasi signifikan bagi industri ponsel pintar. Laporan ini tidak hanya menantang dominasi perangkat yang ditenagai Snapdragon tetapi juga menyoroti potensi prosesor MediaTek baik dari segi kinerja dan dukungan jangka panjang.

Sumber:
– Xiaomi (tidak ada URL yang disediakan)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url